Fitur

OTTO TREND

wendy-budiman.blogspot.com

TiPs mEr@w@t ReM c@kRaM

Alat-alat untuk melakukan pengecekkan adalah obeng min (-), kunci L ukuran 5, kunci pas, lap/ majun dan sikat kawat.

Langkah-langkah pemeriksaan :

1. Lepaskan dua baut pada kaliper dengan menggunakan obeng min (-). Karena dibawah baut tersebut terdapat baut L yang berfungsi sebagai baut sliding untuk kampas rem. Lalu lepaskan kaliper dari cakram dengan membuka baut dengan kunci pas.

2. Setelah kaliper terlepas dari cakram, kemudian lepas juga bracket rem. Jika bracket kering, bisa diberi oli/ stempet. Bila itu sudah dilakukan maka anda harus memeriksa piston dari kaliper. Apabila terdapat debu pada piston sebaiknya anda bersihkan dengan menggunakan majun, apabila kotorannya susah hilang mka gunkan sikat kawat. Setelah bersih maka teteskan oli untuk mempermudah gerakan piston. Tapi perlu diperhatikan bila hal itu sudah dilakukan, lalu cek piston dengan cara menekan piston. Bila masih bisa bekerja maka berarti tidak ada masalah. Tapi bila dengan menggunakan kekuatan tangan sudah sulit bekerja maka terdapat masalah pada kaliper.

3. Jika kampas rem sudah aus maka ganti dengan yang baru agar lebih aman. Jangan lupa untuk mengecek oli rem yang terdapat pada master rem, bila isinya berkurang tambahkan dengan oli rem yang sesuai dengan kendaraan roda dua.

Sumber : HMTC (Hartomo Mechanical Training Centre),

http://motorceper.co.cc/articles.php?cat_id=1

0 komentar:

Posting Komentar